SEKOLAH TARAKANITA BUMIJO YOGYAKARTA

SEKOLAH TARAKANITA BUMIJO YOGYAKARTA

Keberadaan SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta saat ini tidak terlepas dari sejarah pendirian SD Tarakanita Bumijo masa lalu yang juga tidak bisa dilepaskan dari keberadaan SD Tarakanita IV, V, dan VI serta SD Santo Yusup Dagen sebagai induknya.

Menurut buku kenangan "CATUR WINDU SD ST. YUSUP DAGEN" 1 September 1938 sampai dengan 1 September 1970 SD St. Yusup Dagen berdiri sejak 1 September 1938 di Jalan Dagen No. 32 Yogyakarta.

Perkembangan SD St. Yusup sejak berdirinya sampai peringatan catur windu pada tanggal 1 September 1970 telah diungkapkan dalam buku kenangan tersebut meskipun sangat singkat. Perkembangan SD St. Yusup mengalami pasang surut seiring dengan masa pendudukan Belanda, masa pendudukan Jepang dan masa kemerdekaan.

VISI
SD Tarakanita Bumijo merupakan lembaga pendidikan di bawah Yayasan Tarakanita yang dalam penyelenggaraannya dijiwai oleh semangat Tarekat Suster-suster Cinta Kasih St. Carolus Borromeus serta melandaskan diri pada semangat cinta kasih dalam mendampingi peserta didik mengembangkan potensinya menjadi pribadi yang utuh melalui proses pembelajaran.

Indikator pribadi yang utuh
  • Sadar akan bakat yang dimiliki dan mengembangkannya (competence).
  • Menginternalisasikan nilai moral, susila, estetika (kultural) dan mengaktualisasikan dalam perilaku hidupnya untuk menjadi pribadi mandiri, bertanggungjawab, jujur, kritis, kreatif, dan memiliki kebebasan batin (conviction).
  • Konsisten dalam mengembangkan kemampuan intelektual, kreasi, dan estetika (consistency).
  • Hormat terhadap alam dan kemajemukan yang ada di masyarakat.
  • Menjadi tanda dan sarana keselamatan terhadap orang yang dijumpai (community).
  • Merayakan dalam iman, pengalaman keselamatan yang dialami (celebration).


Indikator semangat cinta kasih Siap sedia dan rela berkorban untuk membantu dan berpihak kepada yang lemah (miskin, tersisih, dan menderita). (compassion)

MISI
  • Melaksanakan pendidikan yang mendasarkan diri pada Kasih Allah yang berbela rasa.
  • Melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu untuk mencapai keunggulan akademik.
  • Mengembangkan potensi yang dimiliki siswa secara optimal melalui kegiatan ekstra kurikuler.
  • Melaksanakan pendampingan terhadap siswa berprestasi dan siswa yang lemah.
  • Menyelenggarakan pendidikan lingkungan hidup dan multikultur yang terintegrasi dalam pembelajaran.
  • Menerapkan manajemen partisipatif dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah.
  • Menciptakan lingkungan pendidikan yang familier dan nyaman bagi seluruh warga sekolah.
  • Melaksanakan kegiatan yang mengarah pada upaya penguasaan teknologi modern yang positif.